Skip to main content

TKI di Hongkong di duga dianiyaya majikanya

Merdeka.com - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Erwiana Sulistiyaningsih diduga telah dianiaya oleh majikannya di Hong Kong, setelah bekerja delapan bulan.

Konsul Muda Penerangan KJRI Hong Kong Sam Ariyadi mengatakan, setelah diduga menganiaya, majikan memulangkan yang bersangkutan ke Indonesia melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya.

"Majikan mengantar langsung Erwiana ke Bandara Hong Kong, untuk dipulangkan ke Indonesia. Saat di Bandara Hong Kong termasuk petugas bandara, imigrasi dan beberapa rekan sesama TKI melihat korban dalam kondisi kurang sehat dan terdapat bekas luka di tubuhnya, dan menyarankan yang bersangkutan untuk melaporkan ke polisi," ungkapnya seperti dikutip Antara.

Namun, lanjut Sam, Erwiana yang tiba di Hong Kong pada Mei 2013 itu merasa ketakutan dan trauma dengan sang majikan yang mengantarnya dan memilih untuk segera pulang ke Indonesia pada Jumat (10/1).

"Saat ini Erwiana dirawat di RS Islam Amal Sehat Kabupaten Sragen untuk penyembuhan luka-luka yang dialaminya dan pemeriksaan laboratorium. Dari hasil pemeriksaan dokter, diperoleh informasi bahwa kondisi fisik internal (organ tubuh dalam) dalam kondisi baik. Terkait biaya pengobatan, PPTKIS yang mengirimkan Erwiana ke Hong Kong telah menyatakan kesediaannya menanggung seluruh biaya pengobatan yang dibutuhkan," ujar Sam.

KJRI Hong Kong telah memanggil agensi Hong Kong, Chan's Asia Recruitment Centre, yang menyalurkan Erwiana kepada majikannya dan meminta klarifikasi mengenai laporan dugaan penganiayaan tersebut.

KJRI bersama-sama dengan agensi tersebut juga telah mendatangi majikan pada hari Minggu (12/1) guna meminta keterangan mengenai laporan penganiayaan dimaksud, namun belum bisa mendapatkan keterangan yang komprehensif dari majikan tersebut.

Majikan membantah melakukan penganiayaan kepada Erwiana. "Luka-luka yang dialaminya adalah karena alergi, sehingga dipulangkan ke Indonesia," katanya, seperti dikutip Sam.

Terkait dengan hak-hak gaji Erwiana, majikan mengaku telah membayarkan seluruh hak gaji yang bersangkutan, dan menunjukkan bukti-bukti pembayaran seluruh gaji yang bersangkutan selama delapan bulan bekerja.

KJRI Hong Kong akan terus berupaya untuk mendapatkan kronologi lengkap kejadian, sambil menunggu hasil visum lebih lanjut dari rumah sakit tempat Erwiana kini dirawat, untuk melengkapi laporan secara formal KJRI Hong Kong kepada aparat hukum setempat.

"Adapun majikan tersebut telah di-'blacklist' oleh KJRI, sehingga tidak boleh lagi mempekerjakan tenaga kerja asal Indonesia," tutur Sam, menambahkan.

KJRI Hong Kong meminta semua TKI untuk tidak ragu melapor ke KJRI mengenai permasalahan yang mereka alami atau mengetahui adanya TKI yang mengalami masalah di tempat kerja. KJRI telah menyediakan berbagai kontak yang bisa dihubungi oleh seluruh WNI/TKI yang ada di Hong Kong dan Makau apabila mengalami permasalahan atau hendak melaporkan permasalahan.


Iklan
>> 650ribu sekali seumur hidup, untuk 5 Juta / bulan Dana Pensiun Anda

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengasah Mata Pisau Cukur Wahl

Berikut ini saya akan berbagi Tips cara mengasah mata pisau cukur wahl sendiri. Pertama siapkanlah kaca secukupnya Autosol, biasanya ada di toko aksesoris motor yang berfungsi untuk mengkilatkan logam.Harganya sekitar 6000 rupiah Berikutnya cara mengasah mata pisau cukurnya. Lepaskan mata pisau cukur dari mesinya, lalu letakan sedikit autosol pada kaca. Lalu gosok gosokan bagian dalam mata pisau cukur kekaca yang sudah diberi autosol tadi, sampai keluar warna hitam pekat di bagian yang digosok gosokan. Setelah itu bersihkan mata pisau cukur dengan bensin dan lanjutkan dengan mengeringkanya dengan tisu sampai bagian dalam mata pisau cukur mengkilap. Setelah itu pasang kembali sesuai aturan dan jangan lupa lumasi dengan minyak pisau cukur atau minyak tanah juga bisa. Dan untuk perawatanya sesering mungkin lumasi dengan minyak kembali. Jika masih terasa tumpul biasanya ada sisa autosol yang masih tertnggal yang membut mata pisau seret atau lengket. Caranya buka k

Indonesia Super Mall atau ISM

ISM singkatan dari Indonesia super mall adalah situs jual beli seperti bukalapak atau tokopedia, ISM bekerjasama dengan seluruh pedagang dan pengusaha di Indonesia untuk meningkatkan penjualan dan bisnis mereka, ISM akan diluncurkan sekitar pertengahan bulan april 2016. Tidak itu saja, ism membantu semua pengusaha dan pedagang untuk mendapatkan verifikasi google bisnis secara gratis sehingga bisnisnya bisa ditampilkan oleh google dihalaman pertama. ISM juga memberikan bagi hasil keuntungan kepada member premium atau member berbayar. Biaya joinya hanya 100rb sekali seumur hidup dan bisa diwariskan, ISM bukan MLM atau money game, ism mendapat profit dari penjualan produk baik digital atau fisik.

LIMA ALASAN ISTRI SELINGKUH

News:    >> Penguna Smart Phone Mudah Tergoda Sex     >> Tip Menjaga Kulit Wajah Berikut ini adalah beberapa rumusan yang menyebapkan istri selingkuh , langsung saja ke pokok bahasan yaitu lima alasanya. 1. Merasa tidak dipedulikan.Sikap Laki laki yang cuek seringkali membuat para istri merasa tidak dihargai, diacuhkan dan tidak dipedulikan. Hal-hal tersebut kemudian akan membuat istri merasa dirinya hanya dianggap sebagai pelayan di rumah, penyedia kebutuhan finansial atau pengasuh anak yang akan membawa istri mencari perhatian dan kasih sayang pada Laki laki lain. 2. Menginginkan keintiman,Keintiman dalam suatu hubungan bukan hanya seputar hubungan fisik dan seksual saja. Bagi istri, keintiman emosi yang terhubung antara kedua belah pihak dengan beberapa tindakan romantis adalah suatu kebutuhan. Terkadang Laki laki tidak menyadari pentingnya melakukan hal-hal yang romantis seperti berpelukan, berciuman mesra, berbincang-bincang dari hati ke hati dan sebagainya.